4 Tips Memilih Bibit Sapi Unggulan yang Tepat

Memilih bibit/ bakalan sapi merupakan langkah awal kesuksesan usaha budidaya ternak sapi. Apabila pemilihan bibit sapi dilakukan secara baik dan benar, maka pertumbuhan dan produktivitas sapi nantinya pun juga semakin baik. Ciri dan kriteria yang menentukan bibit sapi yang baik ini sendiri cukup banyak. Untuk membantu anda agar tidak bingung dalam memilih bibit sapi unggulan yang paling tepat, berikut kami berikan tipsnya

Pilih sapi usia antara 2 sampai 3 tahun

Hal pertama kali yang harus diperhatikan dalam memilih bibit sapi adalah faktor usianya. Pilihlah sapi dengan usia antara 2 sampai 3 tahun karena pada usia ini sapi akan lebih mudah untuk dikembangbiakkan. Selain itu, proses pertumbuhan sapi lebih mudah juga untuk dimaksimalkan. 

Tak sedikit juga orang yang memilih bibit sapi berusia 1 sampai 1,5 tahun. Namun, jika dipertimbangkan kembali pada usia ini sapi masih memerlukan banyak nutrisi bagi pertumbuhannya. Sehingga makanan apapun yang diberikan akan lebih banyak habis untuk nutrisi pertumbuhan dan tidak akan menambah daging serta lemaknya. Sebagai catatan, jangan pula memilih bibit sapi yang berusia lebih dari 3 tahun, karena dikhawatirkan terlalu tua untuk memproduksi daging. 

Perhatikan dan cek bentuk/ fisik bibit sapi

Bibit sapi unggulan tentu saja harus sehat. Sapi yang sehat ini memiliki ciri-ciri tertentu yang dapat terlihat jelas jika diamati secara fisik. Seperti rangka tubuhnya yang kokoh serta lebar, tinggi tubuh depan dan belakang sama serta tubuhnya memanjang. Kulit lemas, bulu licin dan mengkilat, kuku tidak terasa panas dan bengkak bila diraba, dadanya lebar yang akan membuat pertumbuhan daging di daerah dada bisa maksimal. Pandangan mata cerah bersinar dan tajam.

Bibit sapi yang unggul juga harus mempunyai kaki yang kokoh dan tulang kaki yang besar agar bisa menopang berat badan sapi yang semakin besar. Selain itu, pilihlah sapi yang memiliki pantat lebar namun perut kecil. Pasalnya bila bibit sapi berperut terlalu besar maka dapat menghalangi pertumbuhan di bagian lain, perut yang terlalu besar juga menandakan bahwa bibit sapi tersebut terkena penyakit cacingan.

Amati sikap dan tingkah lakunya

Selain dapat dilihat secara fisik, ciri bibit sapi yang bagus juga dapat diketahui dari sikap dan tingkah lakunya. Bibit sapi yang sehat biasanya peka terhadap lingkungan, mereka akan cepat bereaksi jika ada orang yang mendekat. Aktif/ sering bergerak, sapi yang terus menerus tiduran dan lemas memberikan kesan bahwa sapi tersebut sakit atau mengalami kelelahan. Selain itu bila diberi pakan, mulut sapi akan dipenuhi pakan (makan lahap) serta cara/ durasi minumnya panjang.

Pastikan pernafasan dan pencernaan normal

Tips memilih bibit sapi unggul yang terakhir yaitu dengan cara melihat tanda-tanda kesehatan pada pernafasan dan pencernaan sapi. Sapi yang sehat akan bernafas dengan tenang dan teratur, kecuali apabila ketakutan, kerja berat atau karena udara terlalu panas. Laju respirasi bibit sapi pada kondisi normal berkisar 30 kali per menit. Pada sisi pencernaan pastikan bahwa sapi memiliki sistem pencernaan yang lancar. Nafsu makan dan minum cukup besar, pembuangan kotoran dan kencing berjalan lancar. Apabila sapi mengalami gangguan pencernaan, gerak perut besarnya akan berhenti atau justru sebaliknya yakni bergerak terlalu cepat.

Demikian beberapa tips memilih sapi unggulan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan panduan bagi anda para calon maupun pengusaha sapi demi suksesnya budidaya ternak sapi anda kedepannya.

Ingin pertumbuhan bibit sapi unggulan dan penggemukannya cepat berkualitas? Pakan konsentrat sapi ini solusinya!

Kami, CV. Fermen Hipro Feed memproduksi pakan konsentrat yang sangat baik dalam membantu pertumbuhan berat badan harian ternak. Mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sapi, meliputi protein, sumber energi, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, dll.  Produk-produk kami telah melalui uji laboratorium ternama dan sudah banyak digunakan oleh para peternak sapi dari berbagai penjuru Indonesia. Sekarang giliran anda untuk membuktikannya sendiri! Untuk informasi lebih lanjut hubungi whatsapp kami dengan klik tombol di bawah ini

Artikel