Mengenal Ransum Ternak – Pakan Jadi Dari Berbagai Bahan

Pakan merupakan hal mendasar yang perlu dipahami oleh mereka-mereka yang ingin terjun dan menekuni bidang peternakan. Pasalnya pakan menjadi kebutuhan utama hewan ternak yang pada akhirnya dapat menentukan berhasil tidaknya suatu usaha budidaya hewan ternak nantinya. Dalam manajemen pakan ternak ini sendiri, terdapat beberapa jenis pakan yang lazim digunakan. Salah satunya yaitu pakan yang biasa disebut dengan istilah ransum ternak.

Apa itu ransum ternak?

Ransum ternak adalah pakan jadi yang diberikan kepada ternak untuk memenuhi kebutuhan seekor ternak selama sehari semalam. Ransum ini terdiri dari beberapa bahan pakan, bisa berupa bahan organik maupun anorganik. Beberapa bahan yang paling umum digunakan seperti bekatul, bungkil kelapa, kedelai, dan masih banyak lagi. 

Bahan-bahan pakan ransum yang ada harus disusun dan diformalisasikan dengan memperhatikan takaran beserta kandungan gizinya. Tujuannya agar pemberian ransum dapat memenuhi kebutuhan energi, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi lain secara tepat. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi percepatan tercapainya tujuan budidaya. Baik itu untuk mempercepat pertumbuhan, perkembangbiakan, maupun penggemukan.

Bahan-bahan ransum ternak

Telah sedikit disinggung di atas bahwa ransum terdiri dari beberapa bahan yang dicampur. Untuk ransum ternak ruminansia (sapi, kambing, domba, dsb) umumnya merupakan campuran dari pakan hijauan dan konsentrat. Pakan hijauan dapat berupa rumput dedaunan, legum, perdu, dan tanaman sisa panen. Sedangkan pakan konsentrat antara lain berupa bran/ bekatul, biji-bijian, berbagai macam bungkil, tepung, dll.

Cara mendapatkan ransum ternak terbaik

Tidak sedikit para peternak memberikan pakan ransum yang dibuat berdasar usaha coba-coba. Hal ini kurang efisien karena terdapat kemungkinan kandungan nutrisinya kurang mencukupi atau bahkan terlalu berlebihan. Cara pengolahan ransum yang kurang tepat pun juga dapat menyebabkan masalah. Seperti dapat mengganggu sistem pencernaan ternak karena ransum yang diberikan tidak dapat dicerna dengan baik. Perlu digaris bawahi, pada dasarnya ransum memiliki serat kasar yang tinggi dengan kecernaan rendah sehingga perlu pengolahan khusus terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada hewan ternak.

Sebagai langkah alternatifnya, anda bisa membeli konsentrat yang diproduksi oleh pabrik pakan CV. Fermen Hipro Feed disamping memberikan pakan hijauan untuk ternak ruminansia anda.  Selain memiliki nutrisi lengkap dan seimbang yang mampu mencukupi kebutuhan ternak, produk-produk konsentrat CV. Fermen Hipro Feed juga diolah sedemikian rupa menggunakan metode fermentasi dengan menambahkan mikroba yang tepat takaran agar pakan memiliki kecernaan yang tinggi. Hasilnya segala kandungan nutrisi dari konsentrat fermentasi ini lebih mudah dimanfaatkan oleh ternak dan secara efektif dapat meningkatkan produktivitas. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk konsentrat silahkan hubungi Whatsapp CV. Fermen Hipro Feed dengan klik tombol dibawah ini. Dapatkan konsultasi gratis dan harga menariknya sekarang juga!

Artikel