Karakteristik Sapi Simental dan Pakan yang Tepat

Secara umum terdapat 2 kelompok peternakan sapi di Indonesia, yaitu sapi potong atau sapi pedaging dan sapi perah. Masing-masing kelompok usaha ternak sapi ini, memiliki jenis sapi super yang menjadi primadona para peternak itu sendiri maupun para konsumen. Seperti pada kelompok sapi pedaging misalnya, selain sapi limosin terdapat juga jenis sapi yang sangat unggul dalam bidang pertumbuhan berat badan sehingga sering dipilih untuk bisnis penggemukan sapi. Sapi itu tak lain dan tak bukan adalah sapi simental. 

Mengenal karakteristik sapi simental

Sapi simental adalah sapi bangsa Bos Taurus, berasal dari daerah Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner Swiss yang juga sangat populer di berbagai negara seperti Perancis, Jerman, Australia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, sapi simental biasanya merupakan hasil persilangan dengan sapi lokal. Karakteristik sapi simental secara fisik yaitu kekar berotot, bentuk badan memanjang (lebih panjang dibandingkan dengan sapi lokal pada umumnya), kompak dan padat. Memiliki warna bulu coklat kemerahan serta putih pada bagian wajah, lutut kebawah dan ekornya. Sapi ini termasuk sapi super dalam hal pertumbuhan dan pertambahan berat badannya. Pasalnya rata-rata pertambahan bobotnya cukup tinggi yakni sekitar 1,5 kg sampai 2,1 kg per hari. Untuk sapi simental jantan dewasa mampu mencapai berat badan hingga 1,4 ton. Sedangkan betina dewasanya bisa mencapai 600 sampai 800 kg.

Harga sapi simental yang dijual di pasaran mulai dari Rp 10 juta-an untuk bakalannya saja. Sementara untuk sapi yang telah dewasa harganya berkisar Rp 18 jutaan hingga Rp 20-an juta tentunya tergantung pada bobot dan kualitasnya. Tidak bisa dipungkiri pula, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bahwa sapi yang sering juga disebut dengan sapi metal ini sebenarnya bukan hanya sapi pedaging kualitas super saja. Namun juga merupakan sapi penghasil susu. Hal inilah yang membuat sapi simental sangat unggul dibanding dengan sapi jenis lainnya. 

Pakan sapi simental yang baik dan tepat

Jenis pakan sapi simental yang pertama adalah hijauan, berupa berbagai jenis rumput seperti rumput raja dan rumput gajah, leguminosa, serta jerami. Pakan hijauan ini sangat dibutuhkan oleh sapi karena serat kasarnya sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan fungsi rumen. Pemberian pakan hijauan sendiri yaitu sebesar 10% dari berat tubuh sapi. Selain hijauan sebagai pakan utama, sapi simental juga memerlukan pakan penguat untuk mencukupi kebutuhan gizi pertumbuhan, produktivitas, dan reproduksinya. Pakan penguat ini merupakan pakan olahan dari bahan-bahan bekatul/ bran, bungkil kelapa, tepung, garam dapur, dan masih banyak lagi. Campuran dari olahan beberapa bahan pakan inilah yang disebut dengan pakan konsentrat. 

Namun perlu diingat bahwa komposisi konsentrat tersebut haruslah sesuai. Jangan kurang atau terlalu banyak agar nutrisi yang diserap dapat seimbang, bermanfaat bagi sapi dan tidak terbuang sia-sia. Untuk mendapatkan konsentrat nutrisi tinggi namun seimbang, alih-alih untuk coba-coba meraciknya sendiri sebaiknya pilihlah konsentrat yang diproduksi oleh pabrik pakan profesional yang resmi/ telah mengantongi izin usaha seperti konsentrat produksi CV Fermen Hipro Feed. Dalam kinerjanya, CV Fermen Hipro Feed bekerja sama dengan para ahli untuk menghasilkan konsentrat kualitas terbaik serta memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Produk-produknya telah teruji di laboratorium dan terbukti di lapangan oleh para peternak, bahkan para pakar hewan ternak pun sangat merekomendasikannya. 

Beli pakan konsentrat sapi simental berkualitas dan bernutrisi tinggi di CV Fermen Hipro Feed sekarang!

Apabila anda berminat membeli konsentrat berkualitas untuk sapi simental maupun jenis sapi lainnya silahkan hubungi kontak yang tersedia di website ini sekarang juga! Perlu diketahui pula, konsentrat CV Fermen Hipro Feed ini merupakan konsentrat fermentasi. Dimana tingkat kecernaan nutrien/ TDN nya cukup tinggi yakni minimal 70% (diatas SNI). Selain itu juga memiliki palatabilitas yang sangat baik, dan menggunakan bahan baku maupun tambahan yang komplit. Dengan berbagai keunggulannya, harga konsentrat sapi CV Fermen Hipro Feed relatif murah dan terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pakan alternatif dan selingan dari pakan hijauan.

Artikel