Karakteristik Sapi Limosin dan Pakan yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa minat masyarakat Indonesia akan konsumsi daging sapi masih cukup tinggi. Apalagi pada perayaan hari-hari besar, permintaan daging sapi pasti meningkat tajam. Berawal dari hal itu, tak heran jika usaha ternak sapi menjadi ladang bisnis yang sangat menggiurkan. Banyak peternak sapi di Indonesia yang berlomba-lomba membudidayakan berbagai jenis sapi potong untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dari banyak jenis sapi pedaging yang ada, terdapat satu yang menjadi primadona. Sapi itu tak lain dan tak bukan adalah sapi limosin. Lantas, apa karakteristik dan kelebihan sapi limosin sehingga membuatnya begitu istimewa dibanding jenis sapi lain?

Mengenal karakteristik sapi limosin

Sapi Limosin merupakan sapi impor keturunan sapi Eropa (bos taurus) yang berkembang di Perancis Tengah, tepatnya di Provinsi Limousin. Sapi ini tergolong dalam jenis sapi pedaging bertipe besar, berotot, dan mempunyai volume rumen yang besar. Karakteristik fisiknya berwarna merah keemasan atau cenderung coklat tua, kulit bebas dari pigmentasi, bertanduk. Bertubuh besar, berat dan tinggi sehingga dipastikan memiliki daging yang banyak dan sangat cocok untuk menjadi percontohan sapi kurban. 

Tingginya sendiri bisa mencapai 1,5 m. Untuk bobot sapi betina dewasa mencapai 650 kg sedangkan si pejantan hingga 1,1 ton. Proses penggemukan sapi limosin ini terbilang cukup cepat, karena pertumbuhan berat badannya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sapi potong jenis lain, yakni sekitar 1,1 kg per hari. Selain pertumbuhannya yang cepat, sapi limosin juga memiliki keunggulan lain. Yaitu mudah dikembangbiakan, fertilitasnya cukup tinggi (98%), mudah melahirkan (99%), serta mampu menyusui dan mengasuh anak dengan baik.

Dari segi harga, sapi limosin dibanderol mulai dari 25 juta untuk sapi dewasa berumur 2 – 3 tahun. Bahkan bisa mencapai ratusan juta jika bobotnya bisa menembus lebih dari 1,5 ton. Untuk bakalannya saja harganya pun terbilang juga sudah tinggi, yakni menembus hampir 15 juta untuk sapi yang berumur 5 – 6 bulan. Harga tersebut tentunya sebanding dengan kualitas daging limosin yang banyak, bertekstur bagus, empuk dan padat.

Pakan sapi limosin yang tepat untuk hasilkan keuntungan maksimal

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tingkat pertumbuhan berat badan sapi limosin cukup tinggi. Namun, jika salah dalam manajemen pakannya maka untuk mencapai angka ADG tersebut juga bukanlah hal yang mudah. Di lapangan masih banyak peternak yang masih mengalami kesulitan dalam menentukan jenis pakan yang lengkap nutrisi dan lebih dari standar yang ada. Seringkali terjadi kasus ketidakcocokkan antara pakan yang diberikan kepada sapi limosin sehingga membuat produktivitasnya lambat.

Tetapi tidak sedikit pula para peternak sapi limosin yang sukses menggemukan sapi dengan hasil kualitas daging yang tinggi dan sehat bahkan dengan bahan serta modal seminimal mungkin. Para peternak itu telah membuktikan sendiri efektivitas pakan hijauan yang diberikan sebagai pakan utama. Pakan hijauan berupa rumput alami yang mudah dibudidayakan sendiri. Seperti rumput gajah, rumput raja, dan legum. Selain itu yang terpenting jangan lupakan pakan penguat (konsentrat) guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sapi limosin. Terlebih menggunakan konsentrat fermentasi, karena tingkat kecernaan nutrisinya (TDN) lebih tinggi daripada konsentrat non fermentasi. Dengan TDN yang tinggi maka kandungan nutrisi dapat diserap lebih banyak dan cepat oleh tubuh sapi limosin. 

Jual pakan konsentrat sapi berkualitas dan bernutrisi tinggi

Apabila anda sedang mencari pakan penguat/ pakan konsentrat bernutrisi tinggi, anda sudah berada ditempat yang tepat. Disini kami menjual pakan konsentrat yang telah difermentasi dengan TDN minimal 70% (diatas SNI), palatabilitas tinggi, serta memiliki kandungan nutrisi yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan hidup minimal, pertumbuhan, produktivitas, dan reproduksi sapi limosin anda. Kami siap melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan perhitungan ongkos kirim yang ekonomis. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak yang tersedia di website ini sekarang juga!

Artikel