Tips Jadwal Pemberian Pakan Konsentrat Pada Sapi Potong

Pakan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan budidaya ternak sapi potong. Bahkan, faktor pakan mempunyai pengaruh paling besar yaitu 60%, sisanya adalah pembibitan, manajemen kandang, dll. Besarnya pengaruh pakan ini membuktikan bahwa produksi ternak sapi potong yang tinggi tidak akan bisa tercapai tanpa manajemen pakan yang baik. 

Manajemen pakan yang baik sendiri tidak hanya tentang pemberian pakan yang berkualitas serta kuantitas yang mencukupi saja. Melainkan juga ketepatan waktu pemberian pakannya. Pemberian pakan sapi potong sangat perlu diatur dan dijadwal sedemikian rupa agar sapi dapat mencerna pakan seefektif mungkin. Dengan begitu bahan pakan yang dikeluarkan dapat berdampak setinggi-tingginya pada produktivitas dan tidak terbuang begitu saja. 

Konsentrat fermentasi, bahan pakan penguat dengan tingkat kecernaan tinggi

Konsentrat adalah salah satu pakan campuran homogen dari beberapa bahan pakan yang melengkapi kekurangan gizi dari hijauan pakan ternak. Bahan-bahan pakan yang digunakan antara lain bran/ bekatul, jagung, kedelai, bungkil kopra, bungkil wijen, bungkil kelapa, dsb.

Teknologi pengolahan pengasaman/ fermentasi pada konsentrat kini menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan tingkat kecernaan pakan konsentrat. Hal ini dikarenakan proses fermentasi melibatkan mikroba yang sama dengan mikroba yang terdapat dalam rumen sapi. Sehingga karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dll diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Dengan begitu sapi lebih mudah dalam mencerna dan menyerap segala gizi yang terkandung didalam pakan konsentrat. 

Lalu, bagaimana jadwal pemberian pakan konsentrat fermentasi pada sapi potong agar lebih efektif?

Pemberian pakan konsentrat per hari adalah 2% sampai 3% dari bobot ternak. Sebaiknya diberikan 2 jam sebelum pemberian pakan hijauan. Tujuannya untuk meningkatkan kecernaan bahan kering dan bahan organik pakan.

Waktu pemberian konsentrat ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari semalam. Jika diberikan 2 kali, maka pemberiannya dilakukan pada jam 8 pagi dan 3 sore. Apabila 3 kali maka waktu yang tepat adalah jam 8 pagi, jam 12 siang, dan sore pada jam 4.

Penting diingat, bahwa memberikan hijauan dan konsentrat dalam waktu yang bersamaan justru bisa menurunkan kecernaan pakan dan hanya akan membuat nutrisi pakan tidak dapat terserap secara maksimal oleh tubuh sapi. 

Demikian tips jadwal pemberian pakan konsentrat pada sapi potong yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mewujudkan produktivitas tinggi dengan manajemen pakan yang lebih baik.

Sebagai informasi, pengolahan konsentrat dengan metode fermentasi tidak bisa dilakukan secara asal. Melainkan harus dilakukan dengan cara yang benar dan menggunakan probiotik yang tepat. Maka dari itu, jika anda seorang pemula atau ingin mendapatkan konsentrat fermentasi berkualitas dan bernutrisi tinggi secara praktis, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini.

Artikel