Fermentasi Pakan Kambing, Tips Jitu Jadi Kambing Unggulan

Tidak bisa dipungkiri banyak peternak Indonesia yang memilih kambing sebagai hewan ternaknya. Karena kebutuhan daging kambing di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Mulai dari untuk keperluan hewan qurban, aqiqah, masakan restoran, hingga masakan rumahan.

Dengan melihat tingkat konsumsi daging ini, maka para peternak kambing mau tidak mau harus menggemukkan kambing ternaknya jika ingin mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Manajemen pakan yang baik adalah salah satu faktor yang akan sangat menentukan keberhasilan pada usaha penggemukan ternak kambing anda. Berikut ini terdapat beberapa tips jitu dalam manajemen pakan kambing yang baik 

Kombinasi pakan hijauan dan konsentrat secara ideal

Terdapat 2 jenis pakan yang bisa digunakan untuk pakan kambing. Pertama pakan hijauan sebagai sumber serat, serta pakan konsentrat sebagai pakan penguat dan sumber protein, energi, mineral, vitamin, dll. Pakan hijauan bisa berupa rerumputan dan dedaunan, seperti rumput odot, rumput ruzi, rumput brachiaria, daun pisang, daun nangka, daun mahoni dan masih banyak lagi. Adapun pakan penguat (konsentrat) berasal dari biji-bijian, jagung, gandum, dedak, bungkil kelapa, dll.

Untuk pakan hijauan, kambing dewasa membutuhkan kurang lebih sebanyak 5-7 kg/ekor hijauan segar yang harus diberikan setiap pagi dan sore. Secara teori sendiri jumlah pakan hijauan yang diberikan adalah 10% dari bobot kambing. Namun ada baiknya jumlah ini dilebihkan dengan mengamati dari keadaan perut sampai kambing tersebut berhenti untuk makan. Sedangkan pakan konsentrat sebaiknya diberikan sebelum pakan hijauan. Untuk mempercepat penggemukan, anda bisa memberi konsentrat sebanyak 2% sampai dengan 3% dari berat kambing per harinya.

Selain itu, anda bisa juga menambahkan sisa-sisa bahan organik dari dapur, buah, dan sayuran dalam jumlah kecil hanya sekedar sebagai camilan, bukan pakan utama. Pastikan pula kambing memiliki akses air minum yang cukup setiap saat agar proses pencernaan kambing lebih lancar dan yang terpenting untuk menghindarkan tubuh kambing dari kondisi dehidrasi/ kondisi panas. Dalam per harinya kambing membutuhkan air sebanyak 3-5 liter atau 10% bobot tubuhnya.

Merk fermentasi pakan kambing terbaik, solusi jitu jadikan kambing unggulan!

Tidak sedikit para peternak yang membuat pakan konsentrat sendiri dengan meracik bahan-bahan yang ada. Namun, sebagai pemula atau bagi peternak yang sulit menemukan bahan baku, maka membeli pakan konsentrat kambing yang diproduksi oleh pabrik pakan adalah alternatif yang paling tepat. Selain lebih praktis, konsentrat produksi pabrik biasanya lebih terjamin nutrisinya karena komposisi bahan diracik secara seimbang dan telah diuji di laboratorium. Tetapi, kini banyak sekali merek konsentrat yang beredar di pasaran sehingga justru membuat bingung mana yang terpercaya untuk dipilih.

Sebagai solusi terbaiknya, anda bisa memilih merek konsentrat dari CV Fermen Hipro Feed. CV Fermen Hipro Feed sendiri merupakan perusahaan agribisnis mitra terpercaya yang telah mendapatkan banyak apresiasi dalam mendampingi kesuksesan para peternak di Indonesia.

Di CV  Fermen Hipro Feed tersedia berbagai macam merek konsentrat yang dapat disesuaikan dengan program ternak anda. Jika program ternak kambing anda untuk pembesaran dan penggemukan maka Xtra Feed, Profeed, Rumen Mill, dan RR Feed adalah jawabannya. Bahkan capaian Average Daily Gain (ADG) 1 kg dalam 1 hari sangat mungkin tercapai dengan konsentrat ini. 

Sedangkan untuk program kambing laktasi maupun kambing perah tersedia Fermen Mill dan RR Feed yang sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas susu. Perlu diketahui pula bahwa seluruh produk pakan konsentrat CV Fermen Hipro Feed sudah difermentasi terlebih dahulu. Sehingga konsentrat memiliki tingkat Total Digestible Nutrient (TDN) atau nutrisi yang dapat dicerna sangat tinggi, yakni minimal 70%.

Keunggulan lainnya, anda tidak perlu menambahkan vitamin dan mineral karena semuanya sudah terkandung dalam konsentrat ini. Semua merek konsentrat tersebut pengolahannya menggunakan metode pengasaman/ fermentasi sehinggan tingkat kecernaan nutrisnya sangat tinggi.

Dapatkan pakan konsentrat fermentasi kambing terbaik, bernutrisi tinggi & harga terjangkau sekarang!

Apabila anda berminat membeli pakan fermentasi pakan kambing dari CV Fermen Hipro Feed, silahkan hubungi jalur komunikasi yang tersedia di website ini sekarang juga! Terdapat pula tim konsultan yang siap membimbing anda dalam menentukan merek/ produk mana yang paling cocok diaplikasikan pada ternak anda. Jangan khawatir, untuk kelas sebuah pakan yang bermutu tinggi, harga yang ditawarkan terbilang sangat ekonomis. 

Artikel