Ciri-ciri Konsentrat Sapi Yang Bagus dan Berkualitas

Konsentrat merupakan pakan penguat yang harus dipenuhi jika ingin sukses dalam budidaya sapi. Konsentrat ini terbuat dari campuran beberapa bahan baku pakan yang digunakan sebagai sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral, dll.

Saat ini untuk mendapatkan konsentrat sapi bukanlah hal sulit. Karena banyak pabrik pakan yang memproduksi secara massal dan mengedarkannya di pasaran. Tetapi perlu menjadi perhatian, bahwa tidak semua produk konsentrat di pasaran terjamin kualitasnya baik dari segi bahan baku, nutrisi, cara pengolahan, dsb. Jadi jika anda ingin membeli konsentrat, anda harus cermat dalam memilih produk mana yang terpercaya dan berkualitas.

Adapun di bawah ini ciri-ciri konsentrat sapi yang bagus dan berkualitas yang harus anda pahami agar tidak salah pada saat membeli konsentrat

Diproses dengan cara fermentasi

Konsentrat yang telah difermentasi terbukti lebih baik daripada non fermentasi. Mengapa? Karena pakan konsentrat fermentasi memiliki TDN cukup tinggi yang dapat meningkatkan sistem pencernaan sapi.

Angka TDN tersebut diperoleh dari proses fermentasi/ pengasaman dilakukan dengan menambahkan probiotik yang mengandung mikroba yang sejenis dengan mikroba yang ada didalam perut besar/ rumen sapi. Dengan metode ini, kandungan protein, karbohidrat, dan lemak dalam konsentrat dapat terpecah menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga kandungan nutrisi mudah diserap dan dicerna dengan baik oleh hewan ternak. 

Sebagaimana yang telah kita ketahui, apabila suatu pakan memiliki tingkat kecernaan yang baik itu artinya pakan yang dicerna akan lebih banyak sehingga pencapaian program ternak bisa lebih optimal dan pemberian pakan juga bisa lebih ekonomis. Selain itu, bau kotoran ternak yang diberi pakan konsentrat fermentasi juga tidak beraroma menyengat. Jadi, sebaiknya pilihlah konsentrat fermentasi!

Terdiri dari bahan-bahan yang komplit

Ciri konsentrat yang bagus selanjutnya adalah memiliki komposisi yang lengkap. Bahan-bahan yang digunakan biasanya berasal dari tepung roti, bran/ bekatul, kedelai, sisa hasil pertanian seperti bungkil sawit, bungkil kopra, vitamin, dll. Serta sudah mengandung bahan baku tambahan antara lain garam, tetes tebu, dan mineral.

Tidak sedikit para peternak yang sudah membeli konsentrat tetapi juga masih harus membeli bahan pakan tambahan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak karena komposisinya belum komplit. Hal ini tentu saja membuat pengeluaran biaya pakan menjadi tidak ekonomis.

Bahan baku 100% nabati

Ingat! Konsentrat yang bagus dan berkualitas hanya menggunakan bahan baku nabati. Bahan-bahan nabati itu diantaranya seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya. Namun saat ini untuk memenuhi kebutuhan protein yang besar, banyak oknum pembuat konsentrat yang nakal membuat konsentrat dengan campuran bahan hewani seperti tepung ikan dan tepung darah. Padahal hal tersebut tidak baik untuk ternak.

Tepung darah misalnya, bahan ini sebenarnya justru dapat menghambat proses kecernaan bahan lain karena mengandung zat asam amino pembatas isoleucine yang mana apabila dikonsumsi berlebihan dapat menurunkan pertambahan berat badan ternak. Jadi, penggunaannya untuk meningkatkan kandungan protein tidaklah efektif dan justru sebagian besar akan terbuang begitu saja karena sulit dicerna dan palatabilitasnya yang rendah.

Memiliki nutrisi yang baik

Jumlah kandungan nutrisi protein kasar, bahan kering, serta, kadar air, lemak, abu, phospor, kalsium, dan BETN pada konsentrat yang bermutu tinggi biasanya sudah diuji di laboratorium dan berstandar SNI. Dengan melibatkan para profesional maka kalkulasi yang telah dilakukan sedemikian rupa dapat menghasilkan konsentrat dengan kandungan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan masa pertumbuhan, reproduksi,maupun produktivitas sapi. 

Memiliki palatabilitas yang baik

Selain tingkat kecernaan dan kandungan nutrisi, palatabilitas menjadi salah satu faktor lain yang sangat menentukan keberhasilan manajemen pakan ternak.

Palatabilitas sendiri merupakan tingkat kesukaan yang ditunjukkan oleh ternak untuk mengkonsumsi suatu bahan pakan yang diberikan dalam periode tertentu. Jika palatabilitas tinggi, maka nafsu makan sapi otomatis juga meningkat sehingga tingkat pertumbuhannya juga semakin cepat.

Hal-hal yang mempengaruhi palatabilitas yaitu tekstur, warna, aroma dan rasa. Konsentrat yang baik tentu saja memiliki palatabilitas yang baik, umumnya bertekstur lebih lembut untuk konsentrat fermentasi, pH menurun, aroma wangi pakan, dsb. 

Konsentrat sapi yang bagus & berkualitas? Disini tempatnya!

Demikian pembahasan ciri konsentrat yang bagus dan berkualitas untuk membantu anda menemukan produk konsentrat terbaik di pasaran.

Ada kabar baik! Tepat sekali anda berkunjung di website ini karena di sinilah tempat terbaik untuk membeli konsentrat berkualitas dan bernutrisi tinggi.

Kami menyediakan berbagai macam merk pakan ternak fermentasi yang dapat disesuaikan dengan program ternak anda.

Kami memiliki agen yang tersebar di berbagai provinsi dan siap menerima pesanan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk lebih lanjut, langsung saja hubungi kontak yang tersedia!

Artikel