Ciri Daging Sapi Berkualitas & Tips Jitu Meningkatkan Kualitas Daging

Daging sapi merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki nilai gizi tinggi terutama protein. Selain nilai gizinya yang tinggi, cita rasa daging sapi juga lezat sehingga membuat bahan pangan ini sangat disukai konsumen. Di pasaran sendiri banyak sekali jenis daging sapi yang dijual, pemilihannya pun harus dilakukan secara cermat. Bagi seorang awam, memilih daging sapi yang baik tentu bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, berikut kami berikan ulasan mengenai ciri-ciri daging sapi berkualitas yang jadi idaman konsumen maupun para peternak

Berwarna merah

Ciri daging sapi berkualitas yang pertama adalah berwarna merah segar yang merupakan warna alami daging sapi, tidak pucat dan tidak kotor. Warna merah pada daging sapi ini dapat bervariasi tergantung jenis hewan secara genetik dan usia. Contohnya warna merah daging sapi potong lebih gelap daripada daging sapi perah dan warna merah daging sapi dewasa lebih pekat daripada sapi muda yang cenderung berwarna lebih cerah. 

Tekstur dan serat padat serta tidak berair

Selanjutnya dilihat dari teksturnya, daging sapi berkualitas dan segar memiliki tekstur yang terasa keras dan kaku dengan serat-serat daging yang padat dan terlihat jelas. Apabila daging sedikit ditekan, maka akan kembali ke posisi semula. Hal ini berbeda dari daging sapi berkualitas rendah ataupun yang telah busuk, dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan dan sangat mudah direnggangkan (elastis). Selain itu, daging sapi yang baik juga memiliki permukaan yang relatif kering atau tidak berair. 

Rendah lemak

Kandungan lemak pada daging sapi adalah lemak yang terdapat diantara serabut otot (intramuskular). Tidak perlu menghafal anatomi bagian-bagian sapi yang rendah lemak, banyak sedikitnya lemak ini bisa diketahui dengan mudah yaitu cukup dengan memperhatikan seberapa banyak garis-garis putih atau biasa disebut dengan marbling yang ada di daging tersebut. Semakin banyak garis putih/ marbling pada daging, maka semakin tinggi pula kandungan lemaknya. Kandungan lemak tinggi dalam daging, telah lama dikaitkan dengan diabetes dan penyakit jantung, obesitas, dll. Daging sapi yang berkualitas tentu saja memiliki kandungan lemak yang rendah karena lebih bermanfaat bagi tubuh.

Demikian ciri daging sapi berkualitas yang dapat menjadi pedoman bagi anda para konsumen dalam memilih daging sapi. Perlu diketahui, bahwa kualitas daging sapi ini erat kaitannya dengan kualitas pakan yang diberikan selama masa produksinya. Jika pakan yang diberikan berkualitas rendah, maka tentu saja sangat sulit untuk mencapai hasil daging yang berkualitas tinggi.

Tips jitu bagi para peternak untuk hasilkan kualitas daging terbaik

Bagi anda para peternak sapi yang ingin meningkatkan kualitas daging sapi dan memperoleh keuntungan maksimal darinya. Anda bisa gunakan produk-produk pakan konsentrat fermentasi dari CV Fermen Hipro Feed. Penggunaan pakan konsentrat Fermen ini telah terbukti dan efektif mampu membantu mempercepat pertumbuhan/ penggemukan ternak serta menghasilkan kualitas daging yang merah, kering dan sedikit lemak. Terdapat beberapa merek yang dapat anda pilih, meliputi X-tra Feed, Profeed, Rumen Mill, RR Feed, dan Fermen Mill yang dapat anda sesuaikan dengan program ternak anda saat ini. Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami melalui jalur komunikasi WhatsApp di nomor 082217102300

Artikel