Cara Cepat & Tepat Dalam Meningkatkan Bobot Sapi

Memiliki sapi yang sehat, besar, dan berbobot merupakan idaman para peternak sapi. Pasalnya, semakin berat dan besar bobot sapi tersebut tentu saja semakin tinggi pula nilai harga jualnya. Akan tetapi untuk mendapatkan itu semua tidaklah mudah. Tidak sedikit para peternak yang salah strategi sehingga menyebabkan pertumbuhan berat sapi lambat dan kurang berkualitas. Maka dari itu, untuk membantu anda para peternak sapi dalam penggemukan sapi ternak anda, berikut kami berikan tips dan cara untuk meningkatkan bobot sapi anda secara baik dan cepat.

Perhatikan komposisi ransum sapi

Ransum adalah satu atau beberapa jenis pakan yang diberikan untuk seekor ternak selama sehari semalam. Ransum ini harus dapat memenuhi zat gizi yang dibutuhkan ternak untuk berbagai fungsi tubuhnya. Misalnya untuk kebutuhan hidup pokok, produksi, maupun reproduksi. 

Ransum untuk ternak sapi sendiri pada umumnya terdiri dari hijauan dan konsentrat. Apabila ransum hanya terdiri dari hijauan saja tentu saja bisa menghemat biayanya karena harganya murah, tetapi produksi yang tinggi sulit tercapai. Sedangkan pemberian ransum yang hanya terdiri dari konsentrat saja memungkinkan tercapainya produksi yang tinggi, tetapi biaya ransumnya relatif mahal. Untuk itu, keduanya harus dipakai agar terpenuhinya zat-zat gizi yang diperlukan sapi sekaligus demi efisiensi biaya.

Berikan Pakan Hijauan

Hijauan merupakan salah satu sumber serat kasar dalam ransum yang dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan sapi berlangsung secara optimal. Untuk penggemukan ternak sapi, penuhi kebutuhan minimal hijauan berkisar antara 0,5 – 0,8% bahan kering dari bobot sapi yang digemukkan.

Pakan Konsentrat

Konsentrat merupakan pakan sumber energi dan zat makanan utama (Protein, Kalsium, Fosfor) dan mempunyai kadar serat kasar kurang dari 18%. Untuk satu ekor sapi dengan berat badan 300 kg, berikan 3 kg konsentrat pada pagi dan sore hari. Sedangkan pada tahap penyesuaian berikan:

  • 1 kg konsentrat + 2 kg pakan yang biasanya diberikan, selama 7 hari. (misalnya bekatul, onggok/growol atau wheat brand)
  • 1,5 kg konsentrat + 1,5 kg pakan yang biasanya diberikan selama 7 hari
  • 2 kg konsentrat + 1 kg Pakan yang biasanya diberikan selama 7 hari
  • 2 kg konsentrat + 0,5 kg Pakan yang biasanya diberikan selama 7 hari

Apabila sapi anda sudah bisa beradaptasi dengan konsentrat, maka anda bisa mencoba memberinya 100% konsentrat. 

Memakai pakan konsentrat fermentasi, mengapa tidak?

Konsentrat fermentasi adalah konsentrat yang telah melalui proses pengasaman dengan menambahkan probiotik. Tujuan melakukan proses fermentasi pada konsentrat adalah untuk memecah protein, karbohidrat dan lemak menjadi bentuk sederhana sehingga lebih mudah diserap menjadi daging. Penggunaan konsentrat fermentasi terbukti sangat efektif menghasilkan kenaikkan berat badan harian yang optimal, setelah difermentasi maka kecernaannya minimal 75%. 

Untuk mendapatkan produk konsentrat fermentasi yang baik dan terjamin mutunya, anda bisa membelinya di CV. Fermen Hipro Feed. Kami memproduksinya dengan cara yang benar, tepat takaran, menggunakan probiotik yang tepat, belum kadaluarsa dan beberapa pertimbangan teknis lainnya. Dengan konsentrat fermentasi dari kami, kemungkinan bobot sapi anda meningkat pun semakin tinggi. Banyak para peternak sapi yang telah membuktikannya sendiri!

Itulah cara cepat meningkatkan bobot sapi, intinya selalu perhatikan dan cukupi kebutuhan pakan yang anda berikan. Karena pakan merupakan sumber protein yang diubah menjadi energi yang dapat diubah kembali menjadi daging guna menunjang pertumbuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk konsentrat fermentasi hubungi whatsapp kami dengan klik tombol chat di pojok kanan bawah.

Artikel

Sapi PerahSapi PotongTips Peternakan